Kategori Berita
Media Network
Senin, 23 JUNI 2025 • 19:30 WIB

Sukses Berkarya Sebelum 30: Kisah Brand KEE Ciptakan Tas Kamera dari Masalah di Komunitas Fotografer

Cerita Founder KEE, Riky Santoso yang Sukses Berkarya Sebelum 30. (dok. Istimewa)

INDOZONE.ID - Seiring perkembangan brand lokal di Jakarta, industri kreatif juga menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Para fotografer dan konten kreator kini turut ambil bagian dalam ekosistem kreatif ini, dengan kebutuhan akan perlengkapan kerja yang makin beragam dan spesifik.

Dari kebutuhan inilah KEE hadir, sebuah brand tas kamera yang lahir dari pengalaman nyata di lapangan. Mengedepankan desain yang berpusat pada pengguna, KEE menghadirkan produk yang tidak hanya fungsional, tetapi juga memahami keseharian dan tantangan para kreator visual.

"Sebelum membangun bisnis KEE, saya berkarier sebagai fotografer sejak masih SMA. Dulu saya sendiri sempat kesulitan mencari tas kamera yang terjangkau tapi tetap berkualitas. Waktu itu, pilihan tas kamera lokal masih sangat terbatas, kalau tidak terlalu bulky, harganya mahal. Dari situ, saya berpikir untuk membuat tas sendiri yang sesuai dengan kebutuhan fotografer dengan harga yang terjangkau. Sejak awal, saya ingin menciptakan produk yang benar-benar fungsional dan tahan lama. Kami memulai semuanya dari skala kecil, produksi sendiri, sambil terus menyempurnakan sistem kerja. Kini KEE berkembang menjadi brand yang tidak hanya memproduksi tas kamera, tetapi juga melebarkan lini produk ke kategori daily dan fashion bag, serta memperluas jangkauan pasar lewat kolaborasi bersama Shopee," kata Riky Santoso, selaku Founder dari KEE.

Baca juga: Berkat Crypto, Ridho Wardana Sukses Jadi Investor Muda yang Cuan Milyaran Rupiah di Usia 22 Tahun

KEE: Mengamankan Gear dan Menginspirasi Gaya Hidup Urban bersama Shopee

Perjalanan KEE dimulai dari pengalaman pribadi Riky sebagai fotografer yang kerap berpindah lokasi untuk hunting foto, namun kesulitan menemukan tas kamera yang ideal. 

Tas yang tidak hanya fungsional, tetapi juga tahan banting, ringan, dan mudah dibawa dalam aktivitas harian. 

Tahun demi tahun, dengan bantuan para pengrajin lokal berpengalaman, pria kelahiran 1995 ini membangun KEE sebagai solusi untuk para fotografer dan konten kreator konten yang aktif di lapangan. 

Salah satu produk pertamanya adalah tas kamera Beetle 1.0 yang berhasil terjual lebih dari 100.000 barang hingga saat ini.

Transformasi bisnis KEE makin terasa ketika mulai bergabung dengan Shopee dan merasakan peningkatan penjualan lebih dari 10 kali lipat dibandingkan saat awal bergabung. 

Bagi KEE, platform ini bukan hanya kanal distribusi, tapi wadah strategis untuk mengenal pasar lebih luas dan memaksimalkan interaksi dengan audiens muda urban.

"Shopee memberi kami kesempatan untuk tampil di panggung yang lebih besar, menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Salah satu titik balik penting adalah ketika kami mulai rutin melakukan sesi Shopee Live, dan kami bisa berinteraksi langsung dengan audiens, menjelaskan detail produk, menjawab pertanyaan, hingga mendemonstrasikan fitur-fitur secara real-time. Dampaknya sangat terasa, penjualan kami meningkat hingga 40% dari tahun 2023 ke 2024, berkat kedekatan yang terbangun dengan pelanggan tersebut. Di KEE sendiri, kami percaya bahwa yang kami tawarkan bukan sekadar tas, tetapi juga rasa aman, itulah mengapa setiap produk kami hadir dengan garansi seumur hidup sebagai bentuk komitmen terhadap kualitas dan perlindungan gear pelanggan. Kami harap garasi ini memberi rasa percaya diri bagi pengguna, menghadirkan rasa aman, dan menjadi nilai tambah yang membuat mereka semakin yakin memilih KEE," jelas Riky.

Merangkul Lokalitas, Membangun Brand Skala Nasional

Sebagai brand asli Jakarta, KEE tumbuh dengan semangat kolaborasi dan kepedulian terhadap ekosistem lokal. Sejak awal, KEE menjalin kemitraan erat dengan para pengrajin lokal. 

Bukan hanya untuk menjaga kualitas produksi, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap keberlangsungan industri kreatif dalam negeri. 

Kontrol kualitas yang ketat menjadi standar utama, memastikan setiap produk yang sampai ke tangan konsumen membawa nilai craftsmanship dan ketahanan yang bisa diandalkan. Komitmen inilah yang membuat KEE tidak hanya relevan secara lokal, tetapi juga mampu bersaing secara nasional.

Memasuki tahun 2025, KEE tengah mempersiapkan koleksi terbaru yang lebih selaras dengan gaya hidup dan kebutuhan pasar saat ini. 

Tidak lagi hanya berfokus pada tas kamera, KEE memperluas lini produknya ke daily bag dan fashion bag bergaya urban yang serbaguna dan inklusif—cocok digunakan oleh siapa pun, kapan pun.

Seluruh koleksi akan diluncurkan secara eksklusif di Shopee, memanfaatkan berbagai fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video, serta kanal Shopee Pilih Lokal, yang menjadi jendela utama bagi konsumen untuk menemukan produk UMKM berkualitas lengkap dengan berbagai promo menarik.

Cerita Founder KEE, Riky Santoso yang Sukses Berkarya Sebelum 30. (dok. Istimewa)

Menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta ke-498, perjalanan KEE menjadi refleksi nyata dari semangat kota ini yang penuh inisiatif, dinamis, dan berakar pada kreativitas anak muda. 

Berawal dari mimpi kecil seorang fotografer untuk menciptakan tas yang ideal, kini mimpi itu berkembang dengan KEE menjadi brand yang dipercaya oleh ribuan pelanggan di seluruh Indonesia.

Dengan misi sederhana namun bermakna, KEE hadir untuk melindungi peralatan para kreator, mendukung kebebasan berekspresi, dan menawarkan solusi praktis yang tetap stylish.

Ke depannya, KEE berharap pemerintah semakin aktif mendukung pertumbuhan UMKM melalui berbagai program dan pameran, serta memberi ruang lebih besar bagi produk-produk lokal untuk tampil di depan.

Sebab bagi KEE, membangun brand bukan sekadar menjual produk saja, tetapi juga tentang memberikan dampak nyata bagi komunitas dan kota tempat brand ini lahir dan berkembang.

Baca juga: Kenapa Orang Pintar Belum Tentu Sukses? Ini Jawaban dari Para Mentor Bisnis

Kunjungi KEE di Shopee melalui https://shopee.co.id/kee.id. Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan kanal Shopee Pilih Lokal, wadah khusus untuk kurasi produk lokal berkualitas dengan berbagai penawaran menarik.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Pers Rilis

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Sukses Berkarya Sebelum 30: Kisah Brand KEE Ciptakan Tas Kamera dari Masalah di Komunitas Fotografer

Link berhasil disalin!